Siswa MTsN 1 Malang Rebut Perak di 14th International Junior Science Olympiad

By Admin

nusakini.com--Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang, Lugas Ferdinan Hamdi (Lugas), meraih medali perak pada ajang 14th Internasional Junior Olympiad (ISJO) di Arnhem Belanda. Olimpiade ini diselenggarakan oleh The Netherlands, 2 - 12 Desember, diikuti 300 peserta dari 48 negara.  

Atas capaian ini, Lugas diganjar dengan medali, sertifikat, dan uang pembinaan. “Saya mengikuti seleksi Olimpiade Science tingkat Kota. Kemudian terpilih hingga mengikuti olimpiade tingkat provinsi dan akhirnya terpilih mewakili Jawa Timur untuk OSN (Olimpiade Sains Nasional). Pada OSN tahun ini saya mendapat medali emas,” ungkap Lugas saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (14/12). 

“Dari 30 peraih medali di OSN tersebut, kami diseleksi lagi untuk diambil 6 besar yang akan mewakili Indonesia dalam ajang IJSO," sambungnya. 

Menurut Lugas, seleksi berlangsung dalam dua tahap (training center) selama satu setengah bulan di Bandung. Seleksi pertama diambil 12 besar, seleksi kedua diambil 6 besar. 

“Alhamdulillah, saya terpilih dan mewakili Indonesia dalam ajang IJSO. Setelah itu saya mengikuti training terakhir selama satu setengah bulan di Depok sebagai persiapan mengikuti IJSO,” pungkas siswa kelahiran Lumajang, 29 Mei 2002 ini. 

Dalam olimpiade ini, Lugas diuji dengan soal-soal gabungan Fisika, Kimia, dan Biologi, baik dari sisi teori maupun praktiknya. 

Kepada teman siswa madrasah di seluruh Indonesia, Lugas berpesan bahwa siswa madrasah juga bisa bersain di ajang Internasional. Lugas sendiri mengaku pada awalnya tidak menyangka bisa ikut ajang IJSO ini. Dari ajang ini, Lugas kini mendapat banyak teman baru dari belahan dunia dan tentunya, pengalaman berharga baru lainnya.(p/ab)